Manfaat Menulis serta Alasan Mengapa Menulis itu Penting

Enterha.com - Manfaat Menulis

Enterha.com - Hallo sobat pembaca. Kira-kira ada nggak di antara kita yang tidak pernah melakukan aktivitas menulis?

Saya rasa tidak ada. Karena menulis merupakan kegiatan yang tidak pernah lepas dalam keseharian setiap individu di era sekarang. Pada era modern seperti saat ini, setiap manusia sangat bergantung dan berkaitan erat hubungannya dengan aktivitas menulis, dari yang selalu eksis di media sosial dengan postingan statusnya, atau menulis buku harian setiap harinya, menulis hal-hal sederhana yang ada disekitar kita, menulis karena tuntutan kewajiban dan pekerjaan, menulis karena kebutuhan, menulis karena hobi, dan karena faktor-faktor lainnya -kalau disebutin semuanya, kayaknya bisa setebal buku novel.

Pokoknya menulis itu sangat berkaitan erat dengan keseharian kita, apalagi bagi seseorang yang memiliki pekerjaan di bidang tersebut, sampai tangan dan jari-jemarinya mati rasa sekalipun, ya nulis aja terus. Tapi gak gitu juga sih.

Oleh karena aktivitas menulis di era sekarang sudah menjelma menjadi kebutuhan setiap individu, dan kita tahu betapa pentingnya aktivitas yang satu ini dalam kehidupan di era digital, maka tidak ada salahnya jika kita mengetahui manfaat dari aktivitas menulis dan mengapa menulis itu penting untuk kita lakukan.

Simak tulisanku yang satu ini sampai tuntas!!!

Setiap Penulis Akan Mati, Hanya Karyanyalah yang Abadi. Maka Tulislah Sesuatu yang Membahagiakan Dirimu di Akhirat Nanti.


Pertama datang dari perkataan yang disampaikan oleh sahabat Ali bin Abi Thalib. Perkataan ini memang sangat sederhana namun benar-benar sarat akan makna.

Sesuatu yang pasti bagi manusia adalah kematian, setiap manusia yang meninggalkan dunia ini pasti akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak. Maka alangkah indahnya jika kita meninggalkan kesan yang baik, kesan yang positif dari apa yang kita tulis untuk orang lain.

Sehingga ketika kita telah tiada, orang akan senantiasa mengingat kebaikan-kebaikan yang telah kita berikan lewat tulisan yang kita buat. Mereka pun akan senantiasa mendoakan kebaikan dan keselamatan kita.

Itulah pentingnya menulis sesuatu yang positif dan baik bagi orang lain, bukan menjadi hal yang mustahil jika dari menulis dapat membahagiakan kita di akhirat kelak, ketika kita telah tiada.

Menulis Adalah Suatu Cara Memahami dan Menemukan Arti Hidupmu. Kata-Katamu dapat Menjadi Cermin Ajaibmu, Mencerminkan Siapa Dirimu, Kamu Ingin Menjadi Apa dan Dapat Menjadi Apa.


Berikutnya datang dari seorang penyair dan penulis ternama yang berasal dari Amerika, Caryn Mirriam-Goldberg.

Sudah jelas, bukan? Bagi kalian yang memiliki hobi menulis, pasti poin ini sudah sering kalian rasakan. Dalam menulis kita akan menemukan arti sebenarnya dalam hidup. Karena dengan menulis kita akan dituntut untuk melakukan penghayatan total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia dalam setiap momen yang ia tangkap dalam hidup. Sehingga dengan mudah kita akan menemukan arti hidup yang sebenarnya.

Menulis membantu menemukan siapa diri Anda sebenarnya

Menulis merupakan cerminan diri, hal itu bisa kita lihat dari hasil apa yang kita tulis. Dan dengan menulis kita dapat mengekspresikan diri kita ke dalam tulisan, kita diberi kebebasan untuk melakukan hal tersebut untuk menunjukkan hal yang dapat kita berikan untuk dunia.

Semakin Banyak Menulis, Semakin Besar pula Rasa Percaya Dirimu dalam Mengungkap Perasaan dan Pandanganmu yang Unik Tentang Kehidupan.


Kebiasaan menulis dapat memberikan pengaruh untuk diri kita, terutama bagi rasa percaya diri dalam mengungkap apa yang ada di dalam diri tentang apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan.  Selain itu, menulis membantu meningkatkan kebanggaan atas pencapaian yang telah kita raih.

Menulis merupakan metode mengekspresikan diri yang sangat efektif. Kita dapat mendengar dan mengetahui pendapat serta isi pikiran yang unik dari diri sendiri. Menulis mewakili diri, hati, pikiran, dan perasaan kita.

Biarkan kata hatimu berbicara dan biarkan kertas kosong itu tergores oleh tinta hitam yang mewakili dirimu dalam menafsirkan dunia.

Menulis Meningkatkan Kreativitas. 


Bagaimana tidak? Menulis berarti menuangkan segenap pemikiran, ide, gagasan, pendapat, dan semua yang ada di isi kepala kita untuk dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Sehingga semakin sering kita menulis akan semakin terasah pula daya kerativitas kita.

Menulis berarti berkelut dengan ide-ide. Kreativitas menjadi kunci kesuksesan menulis, semakin kreatif, maka akan semakin bernilai tulisannya.

Jika sobat ingin tahu tips menulis untuk menghasilkan tulisan yang bernilai, berkualitas, dan menarik, silakan baca tulisan saya yang satu ini



Menulis Memberimu Kesenangan dan Kamu Tahu Bagaiamana Cara Mengungkapkannya.


Salah satu manfaat menulis yang satu ini akan membuat kita semakin yakin untuk menulis, karena ternyata menulis juga dapat memberikan kita kesenangan, sebuah kebahagiaan, dan secara tidak langsung kita telah mengungkapkan kesenangan kita lewat tulisan yang kita tulis didalamnya.

Kalau nggak percaya, sobat pembaca bisa mulai menulis hal-hal yang menurut sobat menyenangkan. Emosi kita akan lebih terkendali dengan menulis dan pastinya kita tahu cara mengungkapkannya.

Dengan Menulis, Kamu telah Menjadi Orang yang Berguna dan Bermanfaat.


Dengan menulis hal-hal yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain, berarti kita telah menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat lewat aktivitas yang satu ini. 

Menulis bisa dijadikan sebagai media berbagi informasi, berbagi opini, berbagi pandangan, berbagi pengetahuan, berbagi pengalaman,  dan yang pasti berbagi  kebaikan kepada sesama lewat konten-konten positif serta memiliki nilai manfaat dari apa yang kita tulis. 

Dan tahukah, Sobat? Bahwa menulis juga bisa dijadikan sebagai media dakwah, loh. 

Agar aktivitas menulis ini mampu mendatangkan kebaikan bagi kita, maka tidak ada salahnya menulis hal-hal positif yang dapat mengajak orang lain, mempengaruhi orang lain untuk ikut melakukan kebaikan atau kegiatan-kegiatan postif lainnya. Sehingga kita dapat menjadi insan yang berguna bagi sesama.

Dengan Menulis Kamu telah Menjaga Ilmu, Sejarah, dan Hal-Hal Berharga dalam Hidup.


Menulis sama saja dengan merekam, menyimpan, mengarsipkan, itulah mengapa menulis berarti menjaga ilmu, sejarah, dan hal-hal berharga dalam hidup agar tidak hilang ditelan oleh zaman.

Ilmuwan-ilmuwan dahulu selalu menuliskan ilmu-ilmunya, pemikiran-pemikirannya, hasil penelitiannya, dan lain sebagainya yang dianggap penting dan berguna untuk masa depan.

Dan terbukti ilmu-ilmu yang kita dapatkan hari ini adalah didasarkan oleh teori-teori yang ditulis para ilmuwan pada zaman dahulu yang di tulis dalam sebuah buku, lalu dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman.

Apakah sobat tidak ingin menjadi bagian dari saksi sejarah dan pengetahuan saat ini untuk masa depan? 

Menulis Merupakan Salah Satu Cara Berkomunikasi yang Efektif.


Ketika tulisan yang kita tulis dibaca oleh orang lain dan pesan didalamnya dapat diterima serta dicerna dengan baik oleh pembaca, itu artinya kita telah berhasil berkomuikasi dengan pembaca, lebih-lebih kita telah berhasil menanamkan nilai-nilai yang ada pada tulisan kepada pembaca, oleh karena itu menulis merupakan media komunikasi yang efektif. Kita bisa dengan mudah mempengaruhi, mengajak, memotivasi, dan membuat orang lain menjadi seperti apa yang kita inginkan lewat tulisan yang kita tulis.

Setidaknya Tulislah Satu Buku Seumur Hidupmu, Maka Engkau Akan Tetap Hidup Didalamnya, Karena Buku Akan Sulit Ditelan oleh Zaman.


Yang terakhir, adalah anjuran agar kita dapat menulis sesuatu yang berharga dalam hidup kita dan untuk hidup kita.

ketika seorang penulis mampu menciptakan sebuah karya yang amat berarti bagi orang lain, eksistensi penulis tersebut akan tetap hidup meskipun ia telah tiada.

Menulis sebuah buku sama dengan memperpanjang umur kita. Menulis membantu kita menjadi lebih hidup dan menjadikan kita akan tetap hidup, meskipun kita telah meninggalkan dunia ini.

Penutup


Sebagai penutup, saya akan memberikan kabar gembira untuk sobat pembaca blog ini. Kabar gembiranya adalah sebuah klaim bahwa,

"Tidak ada aturan tentang cara menulis. Kadang-kadang datang dengan mudah dan sempurna" 

Artinya menulis itu nggak susah, kok. Bahkan tidak ada aturannya. Percaya gak?

Ungkapan tersebut datang dari seorang tokoh novelis, pengarang cerita pendek, jurnalis, dan wartawan terkemuka yang memiliki pengaruh sangat besar pada zamannya, bahkan hingga saat ini. Siapa yang tidak kenal dengan Ernest Hemingway, seorang tokoh yang mempunyai pengaruh penting terhadap perkembangan fiksi abad ke-20.

Jangan pernah merasa kesulitan dalam menulis, apalagi terlalu dipusingkan oleh teori-teori menulis yang bertebaran di benak kita. Jika kita hanya memenuhi isi kepala dengan teori-teori menulis, kita akan dibuat bingung olehnya, alhasil kita tidak pernah memulai untuk menulis. Langkah awal dalam menulis adalah menulis, memulai tindakan menulis.

Singkirkan terlebih dahulu teori kepenulisan atau aturan-aturan baku kepenulisan. Tulislah apa yang datang dari hati dan pikiran kita yang murni. Tulislah seolah-olah tidak ada aturan tentang menulis, biarlah hati yang menuntunnya. Hal itu akan mempermudah kita untuk memulai.

Ketika tulisan sudah rampung kita tulis secara keseluruhan, baru kita perbaiki tata bahasa dan segudang teori yang diperlukan untuk perbaikan tulisan tersebut.

Bagaimana? Mudah bukan? 

Metode ini sudah saya bahas sebelumnya pada tulisan saya yang berjudul "Mengatasi Writer Block dengan Metode Menulis Cepat". Silakan dibaca-baca supaya lebih paham. 

Karena menulis itu mudah, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak menulis dan mulailah menulis sekarang juga!!!

Itulah beberapa manfaat dan alasan mengapa kita harus menulis. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi sobat pembaca.

Terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk  berkunjung dan membaca tulisanku ini hingga tuntas.

12 komentar

  1. sy pernah dapat ungkapan italo calvino di blognya eka kurniawan yg klo tdk salah bunyinya seperti ini: membaca klasik lebih baik daripada tidak membacanya sama sekali.
    klo dihubungkan soal menulis, sy kira sama saja. menulis lebih baik daripada tidak menulis sama sekali. hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali, Kak. Saya setuju dan sependapat dengan Kak Hasymi Arif.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih, Kak. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  3. Bagus banget min artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. Intinya belajar menulis itu sangat penting.

    Enterha :
    Setiap Penulis Akan Mati, Hanya Karyanyalah yang Abadi.

    Kata kata di atas sangat inspiratif, makasih atas ulasannya πŸ‘Œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak. Menulis memang sangat penting, apalagi sekarang kita hidup di era informasi, aktivitas menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang.

      Sama-sama, Kak. Semoga bermanfaat dan membantu.

      Hapus
  5. Sangat menginspirasi artikel ini, apalagi buat para blogger yang ada kalanya down untuk membuat artikel, sebagai seorang muslim, setiap apa yg kita kerjakan akan diminta pertanggungan jawabnya di akhirat nanti, begitu juga dengan tulisan yg kita buat, semoga tulisan kita para blogger bisa bermanfaat bagi para pembacanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak, Kak.

      Iya betul... Semoga artikel ini bisa menjadi dorongan sekaligus suntikan semangat untuk terus menulis. Hehehe.

      Aamiin ....

      Hapus
  6. Balasan
    1. Terima kasih banyak, Kak. Semoga bermanfaat dan membantu. :)

      Hapus


EmoticonEmoticon